Call Center

Fans Page PDAM

Perjalanan Pasukan Air


www.m-edukasi.web.id blog guru
Apakah Website PDAM Temanggung ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
Tidak Bagus
 
401259 Total Hits Halaman
125140 Total Pengunjung
567 Hits Hari Ini
145 Pengunjung Hari Ini
5 Pengunjung Online

Special Interview

WITONO : PDAM Tirta Agung Harus Semakin Maju!

Temanggung - sorot matanya begitu tajam, terpancar sesosok pria dengan ketegasan diwajahnya ia adalah Witono, BE, SE, MM pria kelahiran Pati, 22 Desember 1959 yang per 1 Januari 2016 telah memasuki masa pensiun. Ketika kami datang, dengan ramah ia menyambut didepan pelataran kantor dan melayani setiap pertanyaan dari kami dengan penuh canda dan tawa membuat waktu terasa begitu singkat.

Berikut petikan wawancara kami, bersama Witono, BE, SE, MM:

Lama anda meniti karier?
Kurang lebih 27 tahun terhitung semenjak 8 Agustus 1988

Karier yang pernah anda jabat di PDAM Tirta Agung?
Pertama kali saya masuk PDAM ditugaskan sebagai staf di bagian produksi  dari tahun 1988 hingga 1990, setelah itu dipromosikan sebagai Kasi Litbang (1990 S/D 1993), Direktur Umum (1993 s/d 1999), Direktur Utama (1999 s/d 2003), Staf (2003 s/d 2004), Kasi Litbang (2004 s/d 2006), Kaunit Parakan (2006 s/d 2008) dan terakhir menjabat Kaunit Kranggan (2008 s/d sekarang)

Prinsip apa yang anda pegang selama menjalankan tugas?
Saya berpegang prinsip bahwa kerja secara ikhlas itu salah satu bentuk ibadah, disamping jujur dalam menjalankan tugas serta loyal terhadap pimpinan.

Bisa anda ceritakan suka duka selama bekerja di PDAM Tirta Agung.
Bagi saya bekerja di PDAM Tirta Agung lebih banyak sukanya dari pada dukanya. Untuk sukanya ya kita bekerja dengan rekan-rekan sudah seperti saudara sendiri sehingga kerja hingga sore haripun tidak terasa. Untuk dukanya ketika aliran terganggu, kita menjadi sibuk untuk menjelaskan kepada pelanggan kenapa air mati namun disisi lain kita juga harus mencari dan memperbaiki kenapa bisa terganggu aliran airnya.

Pandangan anda untuk PDAM Tirta Agung kedepan
PDAM Tirta Agung harus semakin maju dari tahun ketahun, untuk itu diperlukan kerjasama antar stake holder yang terkait baik unsur internal dan eskternal (Pemda). Tanpa semua itu menurut saya sebuah niscaya saja. Untuk menjadi maju PDAM perlu menerapkan tata kelola perusahaan yang baik dan benar agar semua bisa berjalan sesuai dengan bisnis plan yang diharapkan. Insyaalah jika semua bisa berjalan, saya mempunyai keyakinan PDAM Tirta Agung bisa setara dengan PDAM dikota besar semisal PDAM Surabaya dan Bogor.

Pesan anda untuk rekan-rekan di Unit Kranggan pada khususnya dan seluruh karyawan PDAM Tirta Agung pada umumnya?
Ada beberapa pesan, untuk seluruh karyawan PDAM Tirta Agung yang saya cintai ini pertama, selalu menjaga kekompakan dalam menjalankan tugas. Karena kita semua adalah team. Maju tidaknya PDAM ya tergantung kekompakan tim itu. Kedua, bekerjalah secara ikhlas agar rezeki kita menjadi halal. Ketiga jangan bekerja ABS, tetapi bekerjalah berdasarkan realitas dilapangan, itu saja menurut saya.

Persiapan yang anda lakukan dalam menghadapi masa purna tugas?
Persiapan terbesar yang saya siapakan  adalah persiapan mental. Itu sangat penting bagi karyawan yang terbiasa bekerja full time. Persiapan lainnya mungkin lebih cenderung untuk menyusun rencana memulai bisnis baru yang memiliki prospek secara financial dan ekonomi.

Kegiatan apa yang anda lakukan setelah purna tugas nanti?
Seperti yang saya katakana diatas, mungkin memulai bisnis baru, atau kalau tidak ya dirumah saja berkumpul dengan istri dan keempat anak saya.